1.PART 1
langsung saja kita mulaiiii.
oke, sampai sini mudah kan ?
ada pertanyaan?
silahkan komen.. :D
ini ada kelanjutannya loh, mobil lawannya aja belom. game racing kalo gak ada tabrakannya kan gak asik juga.
langsung aja deh ke tutorial part 2 wonten ing link niki.
2.PART 2
kalo mau file projectnya, monggo download wonten mriki.
langsung saja kita mulaiiii.
Pertama kita buka program unity dan buat project baru. Isi nama
terserah lah dan pilih 2D.
Halaman kerja unity telah terbuka, dalam layout saya buat
seperti dibawah ini untuk memudahkan kita dalam membuat game racing karana game
racing menggunakan jalan yang panjang. tinggal drag drop aja tuh windownya.
Simpan dulu scane dengan cara klik file – save scane –
berikan nama scane dengan level1 atau terserah apa lah – klik save.
Buat 3 folder dengan klik kanan pada tab asset pilih create – folder – beri
nama folder dengan scanes atau terserah lagi lah.
Dalam tutorial ini saya membuat 3 folder scanes, script dan
sprites
Sebelumnya udah di siapin gambar mobil yang bisa dapat dari download di internet dan jalan raya yang bisa dibuat dengan
photoshop.
Drag saja ke dalam folder sprite.
Seleksi jalan raya pada folder sprite, pada tab inspector
ubah texture type menjadi “texture” dan wrap mode ubah menjadai “repeat”
Sisipkan object quad yang nantinya digunakan sebagai jalan
raya, klik GameObject – 3D object – Quad; sesuaikan ukurannya.
Untuk pencahayaan kita gunakan saja directional light dengan
cara klik GameObject – light – directional light. Selanjutnya buat material
dengan cara klik kanan didalam folder sprites – create – material, beri nama
material dengan trak. Lalu drag material
trak ke dalam quad pada heirarchi, klik pada material trak, pada inspector klik
Albedo maka akan muncul window untuk memilih texture maka pilih texture aspal
Untuk memperjelas ubah nama quad menjadi jalan karena quad
disini adalah sebagai jalannya mobil. Buka folder script, klik kanan – create –
pilih C# Script. Double klik pada script maka aplikasi mono develop akan
terbuka. Disini tinggal kita tulis scriptnya untuk menggerakkan jalan.
Scriptnya seperti gambar dibawah ini.
Klik jalan pada hirachi, drag script kedalam component jalan
sehingga pada inspectornya terdapat sub Trackmove (script), isikan 0.5 pada
speed nya.
Sampai sini jika kita klik tombol play maka jalan akan
bergerak mundur secara kontinyu sehingga seolah-olah mobil bergerak ke depan.
Langkah selanjutnya adalah membuat agar mobil bisa bergerak
kekiri dan ke kanan sehingga seolah-olah seperti mobil yang sedang berbelok.
klik kanan pada folder script – create – C#Script. Disini file
script saya beri nama navigasiMobil. Double klik file script navigasiMobil
untuk mengeditnya.
Sekarang selekse green_car, lalu drag file script
navigasiMobil kedalam component green_car. Pada kolom mobil speed isikan 10 dan
Max pos 1.2.
Speed berfungsi untuk memberikan kecepatan serong mobil
sedangkan max pos adalah batasan maksimal mobil pada tepi jalan sehingga mobil
tidak bisa keluar dari jalan raya.
oke, sampai sini mudah kan ?
ada pertanyaan?
silahkan komen.. :D
ini ada kelanjutannya loh, mobil lawannya aja belom. game racing kalo gak ada tabrakannya kan gak asik juga.
langsung aja deh ke tutorial part 2 wonten ing link niki.
2.PART 2
pada part2 ini kan agendanya buat mobil lawa, jadi sekarang kita masukkin yellow_car pada scane, rotate mobil
dengan cara mengisi nilai z dengan 180 sehingga arah mobil kuning akan
berpapasan atau bahkan bisa bertabrakan dengan mobil hijau.
Buat file script untuk mobil kuning langkahnya sama seperti
sebelumnya, isikan script seperti dibawah
Lalu masukkan script pada component yellow_green
Sampai disini jika kita play maka mobil merah akan
bertabrakan dengan mobil hijau, namun saat bertabrakan belum terjadi collision.
Maka selanjutnya kita buat collision untuk membuat suatu kondisi pada saat
kedua mobil bertabrakan
Seleksi green_car pada hirarchi, klik add component –
phisic2D – pilih rigidbody 2D. Ubah gravity scale menjadi 0.
Tambahkan juga component Box Collider 2D dengan cara klik
add component – phisic2D – pilih boc collider 2D.
untuk yellow_car harus ditanbahkan component box collider
juga. caranya sama pada saat kita menambahkan box collider pada green_car.
Untuk mendeteksi adanya collision maka kita harus melakukan
pengeditan pada script navigasiMobil seperti gambar berikut
Dalam script diatas pada saat mobil hijau mengalami
collision atau tabrakan dengan mobil kuning maka aksi yang dilakukan adalah
mendestroy atau menghilangkan mobil hijau dan akan tercetak tulisan “aaaa” pada
console.
testing nihh..
sebelum nabrak
setelah nabrak
..
simpel kan.?
sampai disini ada pertanyaan?
sementara sampai disini dulu ya, next time akan saya lanjutin tutorial ini biar jadi lebih asik game nya.
kalo mau file projectnya, monggo download wonten mriki.
Komentar
Posting Komentar